Pages

Kamis, 11 September 2014

GAME ENGINE


GAME ENGINE

 
Game Engine adalah mesin atau sistem software yang digunakan untuk membuat atau mengembangkan suatu video game. Fungsi-fungsi yang dapat digunakan dalam game engine tersebut adalah, dalam membuat sebuah game seorang yang membuatnya harus memberikan nilai tersendiri, agar game tersebut mempunyai nilai atau harga yang mahal seperti mesin render dalam pengolahan gambar untuk 2D dan 3D grafis, suara, script program, efek animasi, kecerdasan buatan yang dimiliki oleh masing-masing karakter.
Contoh – contoh Game Engine 2D & 3D
1. UNITY
Unity adalah suatu authoring tool terintegrasi pada PC, Web-Player as Flash bahkan mobile phone (Android & Iphone), dan dapat membuat video game 3d ataupun konten interaktif lainnya seperti visualisasi arsitektur, ataupun animasi realtime 3 dimensi. Unity memiliki grafikal environment yang terintegrasi langsung dengan Adobe Photoshop CS4, Maya dan 3dMax untuk pembuatan karakter, terrain atau items lainya. Unity 2.6 juga menyediakan versi demo gamenya yang bertitle “The islands” dengan tingkat kedetailan gambar yang luar biasa.
2. UNREAL DEVELOPMENT ENGINE
Unreal Engine/UDK dapat di katakan sebagai salah satu game engine yang paling sering di gunakan dalam generasi sekarang ini. Terutama setelah munculnya Unreal Engine 3, sudah beberapa game yang menggunakan engine ini. Unreal Engine 3 menjadi pilihan yang paling diminati karena kemudahan fitur multiformat-nya. Hingga saat ini engine ini masih di kembangakan oleh developer Epic Games. Unreal engine menjadi solusi game engine yang paling mudah untuk generasi next-gen sekarang ini. Epic Games sedang mengerjakan Unreal Engine 4 yang akan muncul pada tahun 2012.
3. FPS CREATOR
First Person Shooter (FPS Creator) adalah aplikasi yang dikembangkan oleh The Game Creators yang memungkinkan penciptaan yang cepat dan mudah video game first-person shooter mirip dengan “Counter Strike” untuk PC tanpa pemrograman. Pengguna dapat membuat permainan dengan hingga 50 tingkat. FPSC menggunakan sistem drag-and-drop dimana pengguna dapat memilih badan seperti dinding, lantai, langit-langit, pintu dan jendela untuk membuat tingkat. Tingkat ini kemudian dapat diisi oleh badan seperti mebel, meja objek, musuh, senjata dan pick-up. Dan juga mendukung multiplayer games.
4. RAGE ENGINE
RAGE Engine mempunyai banyak kelebihan, salah satunya adalah kemampuan menciptakan dunia open world yang kompleks, penuh detail, dan terintegrasi penuh dengan dukungan seperti A.I script, weather effects, dan lain sebagainya seperti yang terlihat pada GTA IV. Engine ini juga mendukung kemampuan middleware seperti fitur “dynamic-motion” dan “bullet physics”.
5. CRY ENGINE
Hampir seluruh kalangan PC gamer mengenal developer jerman bernama Crytek yang menciptakan CryEngine ini. Sejak pertama kali mereka menciptakan Far Cry, produk ini langsung mendominasi dunia PC gaming sebagai salah satu game dengan kualitas visual grafik paling memukau. Hanya dalam selang waktu tiga tahun lamanya, Crytek membuat CryEngine 2 dan menggunakan game engine ini pada Crysis. Hasilnya mereka berhasil menciptakan sebuah game next-gen yang mempunyai visual grafik paling top dan paling realistik yang pernah muncul di dunia PC game. Crytek juga akan membuat CryEngine 3 yang untuk pertama kalinya akan mendukung versi konsol seperti Xbox 360 dan PS3.
6. NAUGHTY DOG GAME ENGINE
Meski game engine ini di buat untuk PS3, namun game engine ini langsung menjadi sebuah fenomena ketika pertama kali di tampilkan di even E3 2009 lalu. Sebagai pendatang baru, Naughty Dog Game Engine mampu menampilkan animasi visual yang menawan, karakter model yang mendetail, dan efek suara serta pencahayaan yang luar biasa memukau banyak orang. Game engine ini mampu menampilkan berbagai macam dynamic object sekaligus, dan lebih hebatnya lagi setiap objek mempunyai perhitungan physics tersendiri.
7. HPL ENGINE 
Fitur utama Game Engine ini  adalah interaksi objek yang sangat detail dengan penggunaan mouse dan keyboard. Dengan kata lain, game-game hasil dari GE ini memiliki physics yang detail. Keistimewaan lainnya adalah GE ini mendukung SSAO (Screen Space Ambient Occlusion) dan Deferred Shading. Walaupun keistimewaannya tidak terlalu banyak, spesifikasi komputer yang dibutuhkan untuk menjalankan game-game hasil GE ini cukup tinggi (tergantung resolusi layar).
8. CREATION ENGINE
Creation Engine memang dibuat khusus untuk Skyrim, karena keunggulan utamanya, yaitu, Random Dungeon membuat kita tidak bosan menjelajahi semua Dungeon di Skyrim, mencari-cari senjata dewa maupun menyelesaikan quest, Radiant AI, yang membuat semua NPC memiliki sifat unik, Dynamic Lightning, Draw Distance Render yang jauh, membuat kita bisa menikmati luasnya Skyrim, dan kemampuan untuk membuat Flora yang detail. grafik yang dihasilkan juga istimewa. Dengan keunggulan yang sekian banyaknya, membuat Skyrim begitu adiktif dan tidak terlupakan, sayang, karena terlalu luas dunianya, banyak bug menyiksa yang dihasilkan.
9. GAME MAKER STUDIO
Game maker studio adalah software yang paling mudah digunakan diantara software lain, beberapa kelebihannya antara lain:
      1.      Game maker studio menggunakan metoda drag n drop. 
2.      Bagi anda yang bisa menggunakan bahasa GML (game maker language) anda bisa melakukan edit lebih leluasa. 
3.      Tidak seperti software lain, hasil dari game maker studio dapat anda mainkan tanpa limitasi waktu. 
4.      Game maker tersedia dua versi yaitu lite dan pro, pada versi lite akan menyertakan logo ketika loading, namun jika anda sedikit kreatif anda dapat mengubah bahkan menghilangkannya dan menjadikan seperti pro version.

10. COSTRUCT 2
Construct 2 merupakan Game Engine berbasis HTML 5 yang tidak memerlukan pengetahuan pemrograman. Kelebihannya adalah:
1.Quick and Easy Quick and Easy
Construct 2 memiliki tampilan yang mudah dipahami,bahkan oleh orang awam sekalipun,sehingga membuat games pun jadi lebih mudah dan cepat. Dalam hitungan jam pun sudah bisa bikin games,sesuatu yang mungkin mustahil jika kita membuat games dengan coding.
2. Powerfull Event System Powerfull Event System
Nah,sebagai pengganti programing/coding,di Constuct 2 disediakan yang namanya System Event. Jadi,inti dari games supaya bisa berjalan ada disini. Cuma butuh kemampuan logika yang kuat disini,supaya games bisa berjalan dengan baik.
3. Flexible Behaviours Flexible Behaviours
Behaviours disini maksudnya fungsi bawaan yang telah disediakan oleh Construct 2,sehingga kita tidak perlu membuatnya lagi dari awal. Yang termasuk behaviour disini adalah fisika,pergerakan,platformer,dll.
4. Instant Preview Instant Preview
Hasil karya kita langsung bisa kita lihat seketika,tanpa harus menunggu aplikasi dikompilasi atau menunggu proses lain yang memakan waktu yang lama. Cukup menekan tombol play,hasil karya langsung bisa kita coba.
5. Stunning Visual Effect Stunning Visual Effect
Games tanpa efek visual tentu kuran menarik. Construct pun sudah menyediakan visual efek yang keren untuk membuat games menjadi lebih menarik
6. Multiplatform Export Multiplatform Export
Karena Games yang dihasilkan Construct berbasis HTML5, maka games kita dapat dipublikasikan ke berbagai macam platform,mulai dari Chrome Web Store, Facebook, Kongregate, NewGrounds, Firefox Marketplace, Sencha Arcade. Untuk PC pun bisa,dengan hasil publikasi untuk Windows 8,Linux,Mac. Platform mobile pun juga bisa, seperti iOS,Android,Blackberry.
7. Easy Extensibility Easy Extensibility
Kurang puas dengan kemampuan Construct 2? Butuh fitur-fitur yang lain? Construct 2 menyediakan SDK untuk membuat plugin tambahan. Bahkan kita bisa membuat visual efek sendiri jika kita mau.

Sumber :
http://en.wikipedia.org/wiki/Game_engine
http://arrzeint.blogspot.com/
http://web7crawler.wordpress.com/2013/01/31/sekilas-tentang-game-engine-yang-populer/
http://www.babastudio.com/blog/10-game-engine-terbaik-saat-ini/
http://maxiandroid.blogspot.com/2012/08/membuat-game-android-dengan-game-maker.html






0 comments:

Posting Komentar