Game Engine adalah
mesin atau sistem software yang digunakan untuk membuat atau
mengembangkan suatu video game. Fungsi-fungsi yang dapat digunakan dalam game
engine tersebut adalah, dalam membuat sebuah game seorang yang membuatnya harus
memberikan nilai tersendiri, agar game tersebut mempunyai nilai atau harga yang
mahal seperti mesin render dalam pengolahan gambar untuk 2D dan 3D grafis,
suara, script program, efek animasi, kecerdasan buatan yang dimiliki oleh
masing-masing karakter.
Contoh – contoh Game Engine 2D & 3D
1. UNITY
Unity adalah suatu authoring tool
terintegrasi pada PC, Web-Player as Flash bahkan mobile phone (Android &
Iphone), dan dapat membuat video game 3d ataupun konten interaktif lainnya
seperti visualisasi arsitektur, ataupun animasi realtime 3 dimensi. Unity
memiliki grafikal environment yang terintegrasi langsung dengan Adobe Photoshop
CS4, Maya dan 3dMax untuk pembuatan karakter, terrain atau items lainya. Unity
2.6 juga menyediakan versi demo gamenya yang bertitle “The islands” dengan
tingkat kedetailan gambar yang luar biasa.
2. UNREAL DEVELOPMENT ENGINE
Unreal Engine/UDK dapat
di katakan sebagai salah satu game engine yang paling sering di gunakan dalam
generasi sekarang ini. Terutama setelah munculnya Unreal Engine 3, sudah
beberapa game yang menggunakan engine ini. Unreal Engine 3 menjadi pilihan yang
paling diminati karena kemudahan fitur multiformat-nya. Hingga saat ini engine
ini masih di kembangakan oleh developer Epic Games. Unreal engine menjadi
solusi game engine yang paling mudah untuk generasi next-gen sekarang ini. Epic
Games sedang mengerjakan Unreal Engine 4 yang akan muncul pada tahun 2012.
3. FPS CREATOR
First Person Shooter (FPS Creator) adalah aplikasi yang
dikembangkan oleh The Game Creators yang memungkinkan penciptaan yang cepat dan
mudah video game first-person shooter mirip dengan “Counter Strike”
untuk PC tanpa
pemrograman. Pengguna dapat membuat permainan dengan hingga 50
tingkat. FPSC menggunakan sistem
drag-and-drop dimana
pengguna dapat memilih badan seperti dinding, lantai, langit-langit, pintu dan
jendela untuk membuat tingkat. Tingkat ini kemudian dapat diisi oleh badan
seperti mebel, meja objek, musuh, senjata dan pick-up. Dan juga mendukung
multiplayer games.
4. RAGE ENGINE
RAGE Engine mempunyai banyak kelebihan,
salah satunya adalah kemampuan menciptakan dunia open world yang kompleks,
penuh detail, dan terintegrasi penuh dengan dukungan seperti A.I script,
weather effects, dan lain sebagainya seperti yang terlihat pada GTA IV. Engine
ini juga mendukung kemampuan middleware seperti fitur “dynamic-motion” dan
“bullet physics”.
5. CRY ENGINE
Hampir seluruh kalangan PC gamer mengenal
developer jerman bernama Crytek yang menciptakan CryEngine ini. Sejak pertama
kali mereka menciptakan Far Cry, produk ini langsung mendominasi dunia PC
gaming sebagai salah satu game dengan kualitas visual grafik paling memukau.
Hanya dalam selang waktu tiga tahun lamanya, Crytek membuat CryEngine 2 dan
menggunakan game engine ini pada Crysis. Hasilnya mereka berhasil menciptakan
sebuah game next-gen yang mempunyai visual grafik paling top dan paling
realistik yang pernah muncul di dunia PC game. Crytek juga akan membuat
CryEngine 3 yang untuk pertama kalinya akan mendukung versi konsol seperti Xbox
360 dan PS3.
6. NAUGHTY DOG GAME ENGINE
Meski game engine ini di buat untuk PS3,
namun game engine ini langsung menjadi sebuah fenomena ketika pertama kali di
tampilkan di even E3 2009 lalu. Sebagai pendatang baru, Naughty Dog Game Engine
mampu menampilkan animasi visual yang menawan, karakter model yang mendetail,
dan efek suara serta pencahayaan yang luar biasa memukau banyak orang. Game
engine ini mampu menampilkan berbagai macam dynamic object sekaligus, dan lebih
hebatnya lagi setiap objek mempunyai perhitungan physics tersendiri.
7. HPL ENGINE
Fitur utama Game Engine ini adalah
interaksi objek yang sangat detail dengan penggunaan mouse dan keyboard. Dengan
kata lain, game-game hasil dari GE ini memiliki physics yang detail.
Keistimewaan lainnya adalah GE ini mendukung SSAO (Screen Space Ambient
Occlusion) dan Deferred Shading. Walaupun keistimewaannya tidak terlalu banyak,
spesifikasi komputer yang dibutuhkan untuk menjalankan game-game hasil GE ini
cukup tinggi (tergantung resolusi layar).
8. CREATION ENGINE
Creation Engine memang dibuat khusus untuk
Skyrim, karena keunggulan utamanya, yaitu, Random Dungeon membuat kita tidak
bosan menjelajahi semua Dungeon di Skyrim, mencari-cari senjata dewa maupun
menyelesaikan quest, Radiant AI, yang membuat semua NPC memiliki sifat unik,
Dynamic Lightning, Draw Distance Render yang jauh, membuat kita bisa menikmati
luasnya Skyrim, dan kemampuan untuk membuat Flora yang detail. grafik yang
dihasilkan juga istimewa. Dengan keunggulan yang sekian banyaknya, membuat
Skyrim begitu adiktif dan tidak terlupakan, sayang, karena terlalu luas
dunianya, banyak bug menyiksa yang dihasilkan.
9. GAME MAKER STUDIO
Game maker
studio adalah software yang paling mudah digunakan diantara software lain, beberapa
kelebihannya antara lain:
1.
Game maker studio menggunakan metoda drag n drop.
2.
Bagi anda yang bisa menggunakan bahasa GML (game maker language) anda
bisa melakukan edit lebih leluasa.
3.
Tidak seperti software lain, hasil dari game maker studio dapat anda
mainkan tanpa limitasi waktu.
4.
Game maker tersedia dua versi yaitu lite dan pro, pada versi lite akan
menyertakan logo ketika loading, namun jika anda sedikit kreatif anda dapat
mengubah bahkan menghilangkannya dan menjadikan seperti pro version.
10. COSTRUCT 2
Construct 2 merupakan Game Engine berbasis HTML 5 yang
tidak memerlukan pengetahuan pemrograman. Kelebihannya
adalah:
1.Quick and Easy Quick and Easy
1.Quick and Easy Quick and Easy
Construct 2
memiliki tampilan yang mudah dipahami,bahkan oleh orang awam sekalipun,sehingga
membuat games pun jadi lebih mudah dan cepat. Dalam hitungan jam pun sudah bisa
bikin games,sesuatu yang mungkin mustahil jika kita membuat games dengan
coding.
2. Powerfull Event System Powerfull Event System
Nah,sebagai
pengganti programing/coding,di Constuct 2 disediakan yang namanya System Event.
Jadi,inti dari games supaya bisa berjalan ada disini. Cuma butuh kemampuan logika
yang kuat disini,supaya games bisa berjalan dengan baik.
3. Flexible Behaviours Flexible
Behaviours
Behaviours
disini maksudnya fungsi bawaan yang telah disediakan oleh Construct 2,sehingga
kita tidak perlu membuatnya lagi dari awal. Yang termasuk behaviour disini
adalah fisika,pergerakan,platformer,dll.
4. Instant Preview Instant Preview
Hasil karya kita
langsung bisa kita lihat seketika,tanpa harus menunggu aplikasi dikompilasi
atau menunggu proses lain yang memakan waktu yang lama. Cukup menekan tombol
play,hasil karya langsung bisa kita coba.
5. Stunning Visual Effect Stunning
Visual Effect
Games tanpa efek
visual tentu kuran menarik. Construct pun sudah menyediakan visual efek yang
keren untuk membuat games menjadi lebih menarik
6. Multiplatform Export Multiplatform
Export
Karena Games
yang dihasilkan Construct berbasis HTML5, maka games kita dapat dipublikasikan
ke berbagai macam platform,mulai dari Chrome Web Store, Facebook, Kongregate,
NewGrounds, Firefox Marketplace, Sencha Arcade. Untuk PC pun bisa,dengan hasil
publikasi untuk Windows 8,Linux,Mac. Platform mobile pun juga bisa, seperti
iOS,Android,Blackberry.
7. Easy Extensibility Easy
Extensibility
Kurang puas
dengan kemampuan Construct 2? Butuh fitur-fitur yang lain? Construct 2
menyediakan SDK untuk membuat plugin tambahan. Bahkan kita bisa membuat visual
efek sendiri jika kita mau.
Sumber :
http://en.wikipedia.org/wiki/Game_engine
http://arrzeint.blogspot.com/
http://web7crawler.wordpress.com/2013/01/31/sekilas-tentang-game-engine-yang-populer/
http://www.babastudio.com/blog/10-game-engine-terbaik-saat-ini/
http://maxiandroid.blogspot.com/2012/08/membuat-game-android-dengan-game-maker.html
0 comments:
Posting Komentar